Aliansi Dokter Dunia Bikin Heboh, Dekan FKUI: Itu Beneran Dokter?

Aliansi Dokter Dunia Bikin Heboh, Dekan FKUI: Itu Beneran Dokter?

VIDEO Aliansi Dokter Dunia rupanya bikin gerah kalangan dokter. Pasalnya, sekelompok orang yang mengaku dokter medis menyebut covid 19 sama seperti flu biasa.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH mempertanyakan kiprah orang-orang yang mengaku Aliansi Dokter Dunia tersebut.

\"Kami yang di rumah sakit mempertanyakan juga, orang-orang itu bekerja di rumah sakit atau nggak. Benar dokter atau nggak,\" kata Prof Ari.

Baca Juga:

Pendapat senada disampaikan Ketua Satgas Covid Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Prof Dr dr Zubairi Djoerban, SpPD(K). Menurutnya, tidak sulit untuk membuktikan adanya ancaman COVID-19.

\"Di sekitar kita banyak. Kalau tidak percaya juga, silahkan datang ke rumah sakit rujukan COVID. Ada banyak banget di sekitar kita. Gampang sekali, kalau nggak percaya tinggal ke rumah sakit, ada nggak yang dirawat? Atau kalau nggak masuk ICU, atau masuk ruang jenazah,\" kata Prof Zubairi.

Perbedaan pandangan di kalangan medis sebenarnya bukan hal yang diharamkan. Namun menurut Prof Ari, setiap argumen hendaknya memiliki dasar ilmiah yang kuat agar bisa didiskusikan.

\"Dokter nggak bisa asal ngomong, harus berdasarkan bukti ilmiah. Bukti ilmiah itu adanya di publikasi internasional,\" tegasnya. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: